Rabu, 16 Januari 2008

SUMBANGAN ISLAM KEPADA ILMUDAN PERADABAN MODERN

SUMBANGAN ISLAM KEPADA ILMU

DAN PERADABAN MODERN


PENDAHULUAN

Pengaruh Arab Islam kepada peradaban Bangsa barat sangat besar khususnya terhadap Renaisance bangsa Eropa. Pengaruh peradaban Islam itu berlangsung paling tidak melalui tiga saluran. Pertama, pertumbuhan peradaban serta kebudayaan tersebut di beberapa bagian Eropa, yang merupakan percampuran Islam dan Kristen seperti di Spanyol (Andalusia) dan Sisilia. Kedua, penerjemahan buku-buku Arab yang berisi berbagai bidang Sains dan Filsafat ke dalam bahasa latin dan bahasa Eropa lainnya. Buku-buku tersebut menjadi referensi di Universitas-universitas di Eropa. Ketiga, terjadinya kontak antara orang-orang Eropa dengan orang-orang Timur selam berlangsungnya perang Salib . banyak orang-orang Eropa yang menjadi tentara Salib tinggal dengan orang-orang muslim dan belajar kepada mereka.

Sumbangan Islam sendiri merupakan gambaran nyata terhadap kenajuan, peradaban Barat. Paling tidak beberapa bidang ilmu pengetahuan itu antara lain :

  1. Kesusateraan;

  2. Filsafat;

  3. Kedokteran;

  4. Ilmu-ilmu Kealaman;

  5. Geografi;

  6. Ilmu Pelayaran;

  7. Sejarah;

  8. Arsitektur Islam dan Seni Kerajinan;

  9. Musik.


  1. KESUSASTERAAN

    1. Puisi Lirik

Perkembangan sastra terutama di Andalusia diakibatkan adanya penggunaan dua bahasa dalam pergaulan mereka. Percampuran sastra antara Barat dan Timur-Arab yang paling terlihat adalah kelahiran puisi Mudasysyah dan puisi zajal yang menjangkau luas pada kesusastraan di Timur Arab dan Barat Eropa.

Puisi ini yang menjadi cikal bakal bagi perkembangan puisi Eropa pada zaman sesudahnya.

    1. Seni Narasi

Ada tiga kumpulan cerita yang berasal dari Timur yang telah memberi pengaruh besar pada kesusastraan Eropa selama abad pertengahan. Cerita tersebut adalah :

      1. Kalilah dan Dimmah

      2. Kisah Sindbad

      3. Kumpulan Cerita mistikal yang berjudul Barlaamey Jasafat.

    1. Puisi Epik dan Drama

Unsur-unsur Arab terlihat dalam seni drama Spanyol. Unsur tersebut ditandai dengan adanya penekanan terhadap kehormatan wanita dan dijadikannya pemeran utama. Dan gagasan ini terus dominan pada masa selanjutnya. Contoh peran itu dapat ditemukan pada cerita rakyat Arab yang terangkum dalam kisah Seribu Satu Malam.

Teater Spanyol terus menjadi sumber utama teater di Perancis dan Eropa. Drama-drama Moliere (1622-1673) khususnya Don Juan, dan Teater Shakespeare banyak mengambil dari cerita abad pertengahan yang telah ditransmisikan ke dalam budaya Eropa melalui Andalusia.


  1. FILSAFAT

Pengaruh Filsafat Islam terhadap Renaissance Eropa terjadi melalui kontak dan persaudaraan (Fraternisasi) dengan filsafat Kristen. Terdapat dua saluran utama pengaruh filsafat Islam kepada filsafat Barat yaitu :

    1. Kontak Pribadi

Orang-orang Kristen di Timur mengadakan kontak dengan orang-orang yang Islam setelah penaklukan daerah Persia, Syria dan Mesir. Mereka hidup bersama an mengikuti kegiatan intelektual dan kebudayaan kaum muslim. Dari sinilah awal mula perkembangan filsafat Islam di peradaban Barat. Orang pertama yang mengenalkannya adalah Adelard dari Bath (1126) yang mengenalkan buku-buku Abu Mansyur (886 M) ke Eropa Latin.

Kontak langsung antara peradaban Islam dan Barat terjadi di Spanyol dan Sisilia. Andalusia banyak dikunjungi para pelajar dari Eropa. Dan setelah menyelesaikan studinya mereka kembali ke Eropa.

    1. Penerjemahan

Gerakan penerjemahan baru bermula pada abad XII M. toledo dan Palermo adalah dua kota pusat penerjemahan buku-buku Arab-Islam. Banyak buku yang karangan para filosof Islam seperti al-Kindi, Ibn Sina, Ibnu Khaldun, Ibnu Rusyd dan banyak lainnya, diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa/Latin.

  1. ILMU-ILMU KEALAMAN

Peradaban Islam menjadi perintis dalam berbagai lapangan ilmu pengetahuan. Peradaban Islam dengan sarjana-sarjana besarnya yang karya-karyanya menjadi rujukan di Universitas-universitas Eropa sampai abad XVII. Mereka menjadi perintis diantaranya dalam bidang :

    1. Aritmetika

Sumbangan pertama dunia Islam kepada matematika dan astronomi adalah perkenalan mereka atas sistem bilangan untuk menggantikan penghitungan dengan menggunakan alfabet. Orang pertama yang berjasa mengenalkan dan mempopulerkan angka-angka ini adalah Muhammad Ibn Musa al-Khawarizmi.

    1. Aljabar

Orang-orang Arab adalah yang pertama kali menggunakan aljabar (algebra) dan Khawarizmi adalah orang yang pertama kali membahas ilmu ini dengan bukunya al-Jabr wa al-Muqabalah (Aljabar dan Perlawanan).

Diantara pakar-pakar Matematika Arab dapat kita sebut nama-nama al-Khawarizmi, Abu Kamil, Qista Ibn Luqa, al-Qalsam, Baha’uddin al-Amili, Ghayyath al-Din Junsyid, al-Kusyani, al-Quhi, al-Khayyan, dan lain-lain.

Masih banyak ilmuwan Islam yang menyumbangkan peran terhadap ilmu pengetahuan modern seperti al-farghani(Astronomi), Ibn al-haytsam (Fisika), jabir bin Hayyan (Kimia), al-Biruni (Mekanika), Ibn Sina (Botani), al-jahiz (zoologi) dan lainnya.pemikiran para tokoh ini mempengaruhi tokoh-tokoh renaissance.

  1. GEOGRAFI

Minat yang diperlihatkan orang-orang Arab pada geografi sebagian besar disebabkan oleh kondisi lingkungan mereka.mereka hidup dalam lingkungan yang mengharuskan mereka mengenal sebaik-baiknya kosmografinya. Geografi menduduki tempat pertama di antara ilmu-ilmu yang menarik minat orang arab dan orang-orang Islam.

Salah satu ahli geografi Arab adalah al-Hasan Ibn Muhammad al-Wazzan al-Zayyati. Ia menulis buku Deskripsi Afrika yang memaparkan panjang lebar geografi belahan utara Afrika dan menerjemahkannya sendiri ke dalam bahasa Italia.

Orang-orang Arab telah memberikan sumbangan besar dalam gerakan penjelajahan Barat. Penjelahan itu tidak akan dilakukan seandainya Barat tidak bertemu dengan tulisan-tulisan dan buku Arab.

  1. ILMU PELAYARAN

Tak dapat diragukan lagi bahwa Eropa telah meniru beberrapa teknik mengemudi kapal dari orang-orang Arab. Pelaut-pelaut Eropa banyak dibimbing oleh bangsa Arab atau oleh ilmu pelayaran arab. Mereka menggunakan semua atau sebagian dari peralatan-peralatan dan peta-peta milik pelaut-pelaut muslim. Sebagai contoh Ibn Majid yang menjadi nakhoda dari kapal Vasco Da Gama.

  1. SEJARAH

Penelusuran pengaruh sejarah dapat terlihat dari kajian-kajian sejarah di Spanyol yang dipengaruhi oleh kajian-kajian Arab yang mendahuluinya. Mereka mengumpulkan catatan-catatan sejarah untuk mengetahui asal-usul mereka. Ini dilakukan terutma oleh golongan Mozarabes yaitu orang-orang Spanyol yang tetap memeluk Kristen.

  1. ARSITEKTUR ISLAM DAN SENI KERAJINAN

Arsitektur Arab Islam telah menyumbangkan warisan seni berupa gaya-gaya yang tidak dikenal sebelumnya, seperti yang terlihat pada arsitektur mesjid, makam-makam, dan sekolah-sekolah. Timbulnya arsitektur Islam itu seiring dengan berdirinya kota-kota baru, akibat penaklukan-penaklukan yang dilakukan bangsa Arab dan perluasan Islam.

Gerakan arsitektur ini segera dibarengi dengan kemajuan dalam bidang kerajinan dan industri.para pengrajin menghasilkan seni yang indah dan mengagumkan mulai dari kayu, gading, logam, kulit, kaca, dan keramik bersama dengan kerajinan linen, sutera dan wool.

  1. MUSIK.

Orang-orang Arab tidak hanya mengagumi kesempurnaan seni menyanyi, bermain, teori musik, alat-alat musik dan pengembangan cara pembuatannya tapi mereka juga tertarik pada berbagai aspek komposisi musik dan mereka memang mengembangkan model-model dan gaya puisi dan nyanyian.

Pengaruh musik Arab ke daratan Eropa adalah tatkala musisi eropa dikirimkan ke ibukota-ibukota Arab untuk mempelajari ilmu dan seni di lembaga-lembaga dan universitas Arab. Musik menempati tempat utama diantara kajian seni yang lainnya. Banyak karya seni Islam seperti karya al-Kindi, Tsabit ibn Qurra, Zakaria al-Razi, al-Farabi, Ikhwan as-Shafa, Ibn Sina dan lainnya diterjemahkan ke dalan bahasa lati Eropa.

Tidak ada komentar: